Bagaimana cara mengatur units dan presisi di sketchup

184

Mempresentasikan objek adalah tujuan utama dibuatnya desain. Dan untuk mempresentasikan desain ini, tidak akan cukup dengan hanya bentuk dan proporsi. Ukuran juga sangat menentukan karena dengan kepastian ukuran, baik desainer maupun klien bisa mengukur apakah hasil desain itu cuku sesuai kebutuhan atau tidak.

Dengan adanya ukuran ini, akan mempermudah untuk menambah atau mengurangi ukuran suatu objek desain.

Dalam banyak software desain, disiapkan alat untuk meletakkan dimensi, dan masing masing memiliki kemampuan untuk mengatur tingkat presisi dari sebuah ukuran. Tergantung kepada objek yang akan dibuat. Namun untuk setiap objek baik besar maupun kecil diperlukan ukuran presisi yang sebisa mungkin adalah X,00.

Pentingnya presisi ini karena jika diabaikan, maka akan mempengaruhi objek lainnya. Misalnya ada 5 item objek didalam sebuah ruangan. Maka akumulasi dari tingkat presisi di belakang koma akan mempengaruhi sempit luasnya sebuah desain.

Di dalam sketchup sendiri, disediakan untuk pengaturan unit dan tingkat presisinya. Kamu tinggal mengakses melalui Window –> Model Info –> Units. Dalam tab Units ini, kamu bisa memilih units yang ingin digunakan dan mengatus tingkat presisi dari dimensi sehingga terlihat apabila objek yang kita buat memiliki kelebihan ukuran dibelakang koma. Kamu juga bisa mengatur presisi kemiringan suatu objek.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat melalui video berikut:




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *