Mengatasi Windows 11 tidak bisa mengakses folder jaringan

3

Di jaman modern saat ini, bekerjasama dengan tim di kantor sangat penting untuk dilakukan. Dan hal baiknya, dengan komputer yang terhubung dalam satu jaringan membuat kerjasama ini menjadi semakin mudah. Jaringan ini tidak hanya mememudahkan dalam mengakses internet secara bersama-sama, namun juga mempermudah dalam berbagi file, mempersingkat proses kolaborasi, dan mengerjakan 1 proyek secara realtime.

Namun apa jadinya bila hal ini terganggu? Kalian pasti tahu rasanya bila sudah biasa bekerja di jaringan. Sangat merepotkan. Misal saja, baru2 ini update windows 11 mengakibatkan kita tidak bisa membuka file atau bahkan folder di jaringan. sehingga akan menyulitkan ketika ingin kolaborasi dengan tim.

Bila kamu menemui masalah ini dan sudah bermacam-macam cara di lakukan namun masih belum bisa mengakses file dan folder di jaringan. Kamu bisa mencoba menambahkan registry ini ke dalam sistem registry Windows 11. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Windows 11 sebagai administrator
  • Buka system registry melalui search di start menu atau melalui jendela run (Win+R) dan ketik regedit
  • Buka tab Hkey_Local_Machine –> System –> CurrentControlSet –> Services –> LanWorkStation –> Parameter
  • Tambahkan parameter “AllowInsecureGuestAuth” dengan nilai Dword 32 = 1
  • Tutup system registry editor dan coba file jaringan.

Atau bila kalian tidak mau repot, download dan double klik file berikut untuk menambahkan Registry secara otomatis.

Bila trik ini berfungsi dan bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman-teman karena mereka juga kesusahan mengakses jaringan saat ini. Dan kalian tahu rasanya kesulitan dalam mengakses sharing folder di Windows 11.