Bagaimana cara membuat block di Autocad

197

Block merupakan salah satu fitur Autocad yang sangat baik dimana dengan block kamu akan lebih mudah ketika harus menggunakan 1 objek untuk beberapa keperluan.

Misalnya saja kamu ingin menggunakan PLAN partial dari PLAN denah keseluruhan. Dengan menggunakan block ditambah dengan XClip, maka kamu akan mendapatkan 1 Objek dengan 2 fungsi.

Selain fungsi diatas, fitur block juga memungkinkan lebih cepatnya merubah PLAN secara bersamaan. Seperti contoh diatas, kamu mengambil denah partial dari master plan. Maka ketika kamu mengupdate master plan, maka secara otomatis semua denah partial yang diambil dari master plan juga akan berubah tanpa perlu merubah denah partial satu persatu.

Cara membuat block sangat mudah, berikut adalah langkah-langkah membuat block di Autocad.

  • Ketik shortcut B + Space, kamu bisa memilih objek kemudian shortcut atau bisa secara langsung mengaktifkan block editor.
  • Setelah muncul jendela Block Definition kamu bisa mengisi beberapa pilihan yang diperlukan ketika membuat sebuah block.
    1. Berikan nama sesuai dengan objek
    2. Bila objek belum dipilih, klik tombol di sebelah kiri dari tulisan “Select Objects
      • Pilihan lainnya adalah klik “Convert to block” untuk mengganti objek terpilih menjadi block.
    3. Tentukan point atau titik awal dari block, jaki kamu tidak menentukan pada step ini, maka autocad akan secara otomatis mengambil koordinat 0,0 sebagai titik awal dari block
    4. Bila diperlukan tentukan unit dari block
    5. Tentukan pula Deskripsi block bila perlu.
    6. Klik pilihan Open in block editor jika kamu ingin mereview objek yang akan dibuat sebagai block
    7. Klik OK untuk menyelesaikan proses pembuatan block di AutoCAD