Bagaimana cara mengecilkan file sketchup dengan Purge

224
Model Info menu in sketchup

Jika kamu adalah desainer yang menggunakan sketchup sebagai salah satu alat. Pasti tidak akan terlepas dari import objek. Objek ini bisa berupa komponen, image maupun file sketchup lain.

Kira-kira apakah kamu ingat sudah berapa kali import dan berapa kali hapus objek? Berasa gak file kamu semakin besar dan lambat untuk diakses? Jika iya, kamu tidak sendirian. Karena banyak yang melakukan hal serupa.

Banyaknya komponen, image atau file sketchup akan tersimpan di memory dalam bentuk komponen. Walaupun sudah kita hapus, terkadang masih ada tersimpan di tab komponen untuk bisa diambil lagi bila diperlukan. Namun karena banyaknya item yang di import, banyak juga komponen yang sudah tidak terpakai dan harus dibersihkan.

Purge menu in sketchup

Sketchup juga menyediakan menu bersih-bersih yang biasa di sebut purge. Menu ini bisa kita akses melalui jendela Model Info –> Statistic –> Purge Unused. Menu ini berguna untuk menghapus komponen, image atau item lain yang tidak terpakai di halaman kerja. Kamu bisa melihat jumlah Component definitions apakah berkurang setelah menekan tombol Purge. Jika berkurang berarti ada komponen yang dihapus. Jika tidak, berarti sudah tidak ada lagi item yang tidak terpakai.

Lebih jelasnya bisa dilihat melalui video berikut:

https://youtu.be/oYeTl1MbBUM