Bagaimana cara memilih objek secara acak di Sketchup

32
Image by Extension Warehouse

Ketika melakukan desain, ada kalanya menggunakan gaya acak. Maksudnya menggunakan objek yang sama tapi memposisikan secara acak. Atau bisa juga memberikan properti tambahan secara acak.

Untuk memilih objek secara acak dan manual memang menghasilkan variasi yang lebih bagus dan memiliki perasaan yang lebih menyatu dengan desain. Namun proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena untuk mendapatkan rasa yang pas tidak bisa hanya sekali percobaan.

Ada tool untuk membantu memilih objek secara acak ketika menggunakan sketchup. Dengan tool ini kamu bisa memilih objek secara acak dan cepat. Dan untuk menyatukan dengan rasa desain, kamu tinggal memilah mana objek yang akan di pilih dan mana objek yang akan di biarkan.

Tool tersebut adalah addon Eneroth Random Selection. Ada beberapa random tool yang dibuat oleh Eneroth sebagai Developer addon. Yaitu Eneroth Random Component Seletion dan Eneroth Random Material selection. Jadi dengan tool ini kamu bisa membuat variasi yang lebih banyak dengan membuat perbedaan pada objek, komponen dan material.

Untuk menggunakan tool ini, kamu tinggal memilih beberapa objek yang ingin dibuat variasi, kemudian klik addon Eneroth Random selection. Setelah toolbar selection muncul, kamu tinggal menggeser slider kekiri atau kekanan. Kekiri akan mengurangi objek terpilih dan kekanan akan menambah objek terpilih untuk dibuat variasi.

Kamu bisa mendapatkan addon ini secara gratis melalui link berikut: