Shortcut dalam mengolah Mesh pada Blender

98

Blender adalah software yang memiliki banyak kemampuan. Blender bisa digunakan untuk membuat model 3D (modeling), membuat animassi (animating), membuat gambar (drawing), membentuk objek (sculpting) dan membuat gambar rendering.

Dengan semua kemampuan itu, Blender memberikan juga banyak tampilan menu dan sistem kerja. Dan tidak ketinggalan juga penggunaan shortcut yang berbeda-beda pada masing-masing sistem dan alur kerja.

Dan berikut adalah shortcut-shortcut yang digunakan pada masing-masing sistem alur kerja di Blender.

Shortcut Permodelan Mesh

1 Mode pemilihan Vertex
2 Mode pemilihan Edge
3 Mode pemilihan Face
4 Model Object
E Mengaktifkan tool Extrude
G Mengaktifkan tool Grab untuk memindahkan
P Memisahkan objek menjadi objek baru
S Mengaktifkan tool Scale (memperbesar atau memperkecil)
R Mengaktifkan tool Memutar objek
I Mengaktifkan tool Inset (Membuat face baru didalam face)
Z Memilih mode tampilan objek (wireframe, solid, render)
F Menutup lubang atau menambahkan edge
J Menyambung dua vertex
M Memindahkan objek antar koleksi
~ (tilde) Memilih tampak (depan, belakang, samping, atas, bawah)
Ctrl + R Membuat edge berulang (edge loop)
Ctrl + B Membuat Bevel (face and edge)
Shift + A Menambahakn objek baru
Shift + D Membuat duplikat objek (copy object)
Alt + D Membuat duplikat objek yg terkoneksi (linked object)
Alt + Z Mengaktifkan tampak Transparan
Shift + Ctrl + B Membuat Bevel pada vertex
Shift + Alt + Click Memilih objek yang terhubung (vertex, edge, face)