Shortcut dalam mengolah Mesh pada Blender

83

Blender adalah software yang memiliki banyak kemampuan. Blender bisa digunakan untuk membuat model 3D (modeling), membuat animassi (animating), membuat gambar (drawing), membentuk objek (sculpting) dan membuat gambar rendering.

Dengan semua kemampuan itu, Blender memberikan juga banyak tampilan menu dan sistem kerja. Dan tidak ketinggalan juga penggunaan shortcut yang berbeda-beda pada masing-masing sistem dan alur kerja.

Dan berikut adalah shortcut-shortcut yang digunakan pada masing-masing sistem alur kerja di Blender.

Shortcut Permodelan Mesh

1Mode pemilihan Vertex
2Mode pemilihan Edge
3Mode pemilihan Face
4Model Object
EMengaktifkan tool Extrude
GMengaktifkan tool Grab untuk memindahkan
PMemisahkan objek menjadi objek baru
SMengaktifkan tool Scale (memperbesar atau memperkecil)
RMengaktifkan tool Memutar objek
IMengaktifkan tool Inset (Membuat face baru didalam face)
ZMemilih mode tampilan objek (wireframe, solid, render)
FMenutup lubang atau menambahkan edge
JMenyambung dua vertex
MMemindahkan objek antar koleksi
~ (tilde)Memilih tampak (depan, belakang, samping, atas, bawah)
Ctrl + RMembuat edge berulang (edge loop)
Ctrl + BMembuat Bevel (face and edge)
Shift + AMenambahakn objek baru
Shift + DMembuat duplikat objek (copy object)
Alt + DMembuat duplikat objek yg terkoneksi (linked object)
Alt + ZMengaktifkan tampak Transparan
Shift + Ctrl + BMembuat Bevel pada vertex
Shift + Alt + Click Memilih objek yang terhubung (vertex, edge, face)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *